DINKOP UMKM PB DORONG PENYAJIAN DATA MELALUI ODS

DINKOP UMKM PB DORONG PENYAJIAN DATA MELALUI ODS

Selasa, 04 September 2018, 11:41 WIB

MANOKWARI-Gubernur Papua Barat melalui Asisten II Setda Papua Barat Jaconias Sawaki menekankan pentingnya penyajian data dan akurasi laporan pertumbuhan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai penopang perekonomian nasional, khususnya perekonomian Papua Barat.

Penekanan itu diungkapkan Jakonias Sawaki pada pembukaan kegiatan Pengolahan Data Base Berbasis Online (Online Data Sistem/ODS) bagi aparat pembina Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota, yang berlangsung di Oriestom Hotel Manokwari,selama 3 hari, Selasa-Kamis (18-20/7).

Dia mengatakan, ketersediaan data yang akurat masih menjadi persoalan di semua jenjang pemerintahan. Sebab penyajian data yang akurat sangat penting dalam  program strategis pemerintah.

"Masalah ketersediaan data ini harus disikapi serius. Kalau pimpinan minta data itu kepala sakit, ini yang sering terjadi, tapi kami berharap melalui kegiatan ini dapat memperkaya pengetahuan dan kemampuan para operator data untuk menyajikan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Jakonias di Oriestom Hotel Manokwari, pagi kemarin.

Dia menyatakan, pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM menjadi tanggung jawab bersama dalam rangka memperkokoh ekonomi Nasional, khususnya di Papua Barat.

Menyikapi kondisi perekonomian Provinsi Papua Barat saat ini, lanjut Sawaki, dibutuhkan keseriusan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar berkomitmen menyajikan basis data yang akurat, sinergis dan dapat dipertanggungjawabkan.

"OPD yang membidagi Koperasi dan UMKM di kabupaten/kota, kata Dia lagi harus lebih aktif untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan Koperasi dan UMKM melalui penyajian data yang akurat serta akurasi pelapuran yang dapat dipertanggungjawabkan," katanya lagi.

Pada pelatihan yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Papua Barat selama tiga hari ini, para peserta yang merupakan operator data dari dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota dilatih mengoperasikan aplikasi data base berbasis online.(lm

sumber : http://www.radarsorong.com/read/2017/07/21/52221/Dinkop-UMKM-PB-Dorong-Penyajian-Data-Melalui-ODS

Share: